Jumat, 23 November 2018

Rukun Iman

1. Iman kepada Allah, Seseorang tidak dikatakan beriman kpd Allah SWT sampai dia telah mengimani 4 hal berikut.
– Mengimani adanya Allah Subhanahu wa ta’ala.
– Mengimani rububuiah Allah Subhanahu wa ta’ala, bahwa tidak ada yg mencipta, menguasai, serta mengatur alam semesta terkecuali Allah SWT.
– Mengimani uluhiah Allah Subhanahu wa ta’ala artinya, jika tak ada sesembahan (Tuhan) yg berhak disembah melainkan Allah SWT serta mengingkari semua sesembahan selain Allah Subhanahu wa ta’ala.
– Mengimani semua nama dan sifat Allah atau Al Asma’ul Husna yg Allah telah tetapkan untuk diri-Nya serta yang Nabi-Nya tetapkan untuk Allah, dan menjauhi sikap menghilangkan makna, memalingkan makna, mempertanyakan, dan menyerupakan-Nya.
2. Iman kepada para Malaikat Allah
– Mengimani adanya malaikan sebagai makhluk ciptaan Allah, serta amalan dan tugas yg diberikan Allah SWT kpd para malaikat.
– Jumlah malaikat tidak ada seorangpun yg tahu dan hanya Allah SWT yg mengetahuinya.
– Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya.
– Orang muslim wajib mengimani 10 malaikat yaitu, Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Rakib, Malaikat Atid, Malaikat Mungkar, Malaikat Nakir, Malaikat Izrail, Malaikat Israfil, Malaikat Malik, Malaikat Ridwan.
3. Iman kepada Kitab – KItab Allah
– Mengimani bahwa seluruh kitab Allah SWT ialah kalam atau ucapan yg merupakan sifat Allah.
– Mengimani bahwa kitab suci yg diturunkan oleh Allah SWT ada empat (4), yaitu Kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil, dan Kitab Al Qur’an.
– Seorang muslim wajib mengimani jika Al Qur’an adalah penggenap kitab – kitab suci yang sebelumnya.
4. Iman kepada Rasul Allah
Rukun Iman Keempat ialah mengimani (Percaya)Ma bahwa ada diantara Pria (Laki – Laki) dari Golongan manusia yg Allah SWT tunjuk sebagai perantara antara diri-Nya dengan hamba-Nya. Akan tetapi mereka semua tetaplah manusia biasa yg sama sekali tidak memiliki sifat dan hak ketuhanan, karenanya menyembah para Nabi dan Rasul adalah kebatilan yg nyata. Wajib mengimani bahwa semua wahyu yang diberikan kpd para Nabi dan Rasul itu ialah benar serta bersumber dari Allah Subhanahu wa ta’ala, dan wajib mengakui setiap Nabi dan Rasul yg kita ketahui namanya dan yg tidak diketahui namanya.
5. Iman kepada Hari Akhir
Rukun Iman Yang Kelima adalah mengimani adanya tanda – tanda hari kiamat dan mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar sampai berakhir di Surga ataupun Neraka.
6. Iman kepada Qada dan Qadar (takdir yang baik dan buruk),
Rukun Iman Yang Keenam adalah mengimani kejadian yg baik ataupun yag buruk(Qada dan Qadar), semua itu atas seizin dari Allah SWT, karena seluruh makhluk tanpa terkecuali, zat serta sifat mereka demikian pula perbuatan mereka melalui kehendak Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar